Close

pentingnya kehadiran online untuk bisnis

Mengingat semakin pentingnya kehadiran online untuk bisnis atau organisasi nirlaba apa pun, pertanyaannya bukanlah apakah menerapkan strategi pemasaran Internet, tetapi teknik pemasaran Internet seperti apa yang digunakan.

Langkah pertama adalah mengidentifikasi audiens untuk produk. Siapa yang tertarik dengan produk ini? Siapa yang ingin diminati bisnis dalam produk ini? Setelah target audiens diidentifikasi, langkah selanjutnya adalah melakukan penelitian tentang bagaimana demografis tertentu itu menggunakan Internet sehingga kampanye dapat fokus pada metode terbaik untuk menjangkau mereka.

Misalnya, Pew Internet & American Life Project memiliki data demografis yang menunjukkan bahwa individu yang berusia antara 18 dan 33 tahun adalah yang paling mungkin untuk menggunakan teknologi internet seluler seperti smartphone dan tablet, sedangkan demografi “Gen-X” dari individu yang berada di 30-an dan 40-an mereka jauh lebih mungkin untuk mencari informasi melalui laptop dan komputer desktop mereka. (Lihat juga Targeted Marketing )

Setelah perusahaan mengidentifikasi target demografis untuk kampanye pemasaran Internetnya, mereka kemudian memutuskan platform online apa yang akan menyusun kampanye. Misalnya, perusahaan yang mencari pelanggan dari demografi 18 hingga 33 harus mengembangkan aplikasi seluler yang meningkatkan kesadaran tentang produk, seperti permainan, umpan berita, atau program kupon harian yang dapat diunduh pengguna secara gratis.

Situs web yang menyenangkan secara estetika dan informasi adalah jangkar yang sangat baik yang dapat dengan mudah terhubung ke platform lain seperti halaman jejaring sosial dan unduhan aplikasi. Juga relatif mudah untuk membuat blog di dalam situs web yang menggunakan konten yang ditulis dengan baik dengan “kata kunci” yang kemungkinan akan digunakan oleh pengguna Internet saat mencari topik. Misalnya, perusahaan yang ingin memasarkan minuman energi bebas gula yang baru dapat membuat blog yang menerbitkan satu artikel per minggu yang menggunakan istilah seperti “minuman energi,” “bebas gula,” dan “rendah kalori” untuk menarik pengguna ke situs web produk.

Bagian penting dari setiap kampanye pemasaran Internet adalah analisis data yang dikumpulkan tidak hanya dari kampanye secara keseluruhan, tetapi masing-masing bagian juga. Seorang analis dapat memetakan berapa banyak orang telah mengunjungi situs web produk sejak diluncurkan, bagaimana orang berinteraksi dengan halaman jejaring sosial kampanye, dan apakah penjualan telah dipengaruhi oleh kampanye (Lihat juga Analis Data Pemasaran ) . Informasi ini tidak hanya akan menunjukkan apakah kampanye pemasaran berfungsi, tetapi juga data yang berharga untuk menentukan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dihindari dalam kampanye berikutnya.

Apa yang mereka lakukan?

Banyak perusahaan sekarang mengandalkan individu multi-talenta untuk membuat konten dalam kampanye pemasaran Internet. Ini termasuk teks tertulis (alias “copy”), interaksi dengan pelanggan potensial di situs jejaring sosial, video informasi atau promosi, dan materi lainnya.

Seorang spesialis konten perlu menjadi Jack atau Jill dari semua perdagangan, memanfaatkan keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang sangat baik, kemampuan komputer di atas rata-rata, dan minat alami pada tren. Pekerjaan ini pada akhirnya adalah tentang menerjemahkan aspek-aspek kunci dari produk ke dalam konten yang menurut demografi menarik. Ini adalah bagian seni, sebagian pemikiran kritis, dan 100% perhatian terhadap detail.

Pendidikan / Pengalaman

Spesialis konten dapat berasal dari berbagai latar belakang, tetapi gelar sarjana sangat penting. Pengusaha akan mencari gelar dalam bahasa Inggris, komunikasi, bisnis, atau pemasaran. Ada banyak posisi entry-level di bidang ini dan mudah untuk menerjemahkan ke posisi kreatif senior atau peran manajemen setelah beberapa tahun.

Apa yang mereka lakukan?

Desainer web adalah penulis kode dan pakar grafis yang bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengimplementasikan citra online produk. Peran ini melibatkan pembuatan tidak hanya tampilan situs web dan aplikasi, tetapi rekayasa pengalaman pengguna. Seorang perancang web harus selalu memperhatikan betapa mudahnya bahan untuk dibaca dan digunakan, memastikan interaksi yang lancar bagi pelanggan dan memastikan bentuk bahan melayani fungsi kampanye.

Desain web adalah bidang yang sangat teknis yang membutuhkan literasi tinggi di berbagai jenis perangkat lunak, termasuk pengeditan gambar dan program arsitektur situs web. Seorang perancang harus nyaman dengan “bahasa” komputer seperti HTML dan tetap mengikuti perkembangan teknologi baru. Desainer juga seorang seniman, sehingga ia juga harus memiliki pemahaman yang kuat tentang estetika, kontinuitas visual, dan komposisi gambar.

Pendidikan / Pengalaman

Tingkat pendidikan terendah yang cocok untuk perancang web adalah gelar associate atau sarjana dalam pemrograman komputer, desain web, teknologi informasi, atau gelar Bachelor of Science dalam pemasaran. Ini sangat berharga dan sering diperlukan untuk memiliki portofolio desain yang akan diwawancarai.

Apa yang mereka lakukan?

Kampanye pemasaran internet bukanlah proposal yang terisolasi dan hanya dilakukan satu kali saja. Perusahaan mana pun yang berencana menggunakannya sekali pasti akan terus menggunakannya. Seorang individu yang memiliki pengetahuan tentang semua aspek kampanye pemasaran Internet dan yang memiliki keterampilan interpersonal yang kuat sangat cocok untuk mempertahankan peran manajerial yang sedang berlangsung di tim pemasaran khusus.

Manajer pemasaran harus fasih dalam setiap elemen kampanye pemasaran, dan mempertimbangkan pentingnya kehadiran Internet dalam rencana pemasaran apa pun saat ini, ini berarti memiliki pemahaman yang jelas tentang pemasaran Internet dari awal hingga selesai. Seorang manajer pemasaran harus memiliki kepercayaan pada timnya dan tahu bagaimana memfasilitasi efisiensi kerja dan komunikasi antara rekan kerja. Ini membuat setiap proyek sesuai jadwal dan membantu menciptakan lingkungan kerja yang santai.

Pendidikan / Pengalaman

Sangat jarang bagi individu untuk memasuki peran manajemen di awal karirnya. Sebagian besar manajer pemasaran telah menghabiskan beberapa tahun bekerja di tempat lain dalam tim pemasaran. Ini mengasumsikan keberadaan setidaknya gelar sarjana, tetapi gelar yang lebih tinggi seperti master dalam pemasaran atau administrasi bisnis dapat memberikan calon calon manajer sebuah penentu.

Pendidikan pemasaran yang menyeluruh akan memperkenalkan siswa pada berbagai aspek pemasaran Internet dan tempatnya dalam spektrum perdagangan yang lebih luas. Siswa harus mengharapkan kursus dalam segala hal mulai dari komposisi konten, hingga analisis data, dan prinsip-prinsip manajemen.

Pekerjaan kursus program pemasaran akan terdiri dari komponen dunia nyata dan langsung, seperti studi kasus dari kampanye pemasaran yang sukses dan gagal, dan bisnis simulasi yang dipasarkan oleh siswa menggunakan konsep yang telah mereka pelajari. Ini akan mencakup menyelam ke beberapa program komputer seperti Adobe InDesign dan Dreamweaver, serta perangkat lunak analitik situs web gratis dan eksklusif.

Tinjauan luas dari masing-masing bagian dunia pemasaran Internet ini memberi siswa dasar yang kuat di bidangnya untuk membantu mereka memutuskan di mana minat dan bakat mereka sesuai dengan yang terbaik. Semua desainer harus memiliki pemahaman tentang pembuatan konten, sementara semua spesialis konten harus menghormati proses desain (Lihat juga Spesialis Pemasaran Konten ) . Pada tingkat yang lebih tinggi dari program pemasaran, siswa akan mengasah keterampilan yang paling penting untuk bidang keahlian mereka yang muncul untuk menciptakan pikiran yang tajam dan portofolio yang kuat dalam perjalanan mereka ke tempat kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *