Close

Panduan Pemula untuk 7 Jenis Pemasaran Internet

Apa itu Pemasaran Internet?
Pemasaran Internet (juga dikenal sebagai pemasaran online, pemasaran digital , emarketing, atau pemasaran web,) adalah istilah lengkap yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan pemasaran yang dilakukan secara online. Untuk alasan ini, pemasaran internet mencakup berbagai strategi dan taktik, seperti pemasaran media sosial, pemasaran konten, bayar per klik, dan optimisasi mesin pencari.

7 Jenis Pemasaran Internet
Ada tujuh jenis utama pemasaran internet:

Pemasaran media sosial
Pemasaran influencer
Pemasaran afiliasi
Email Pemasaran
Pemasaran konten
Optimisasi mesin pencari (SEO)
Iklan berbayar
Masing-masing dari tujuh jenis pemasaran internet ini mencakup banyak strategi dan taktik yang berbeda. Plus, jenis pemasaran internet ini saling melengkapi dan sering digunakan bersama.

Mari kita jelajahi berbagai jenis pemasaran internet untuk memahami bagaimana mereka bekerja secara individu dan bersama-sama.

  1. Pemasaran Media Sosial
    Pemasaran media sosial adalah proses mendapatkan perhatian dan penjualan melalui penggunaan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

Sekarang, pemasaran media sosial dapat dibagi menjadi dua kubu: organik (gratis) atau berbayar.

Pemasaran Media Sosial Organik
Pemasaran media sosial organik berfokus pada membangun komunitas dan memperdalam hubungan dengan konsumen dalam upaya mendorong minat dan loyalitas pelanggan.

Ada banyak cara untuk melakukan ini – mari kita lihat beberapa.

Pertama, Anda dapat memposisikan merek Anda sebagai otoritas di ceruk pasar Anda. Cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan melibatkan orang lain dan menyumbangkan wawasan berharga untuk percakapan.

Pemasaran Media Sosial Berbayar
Ada banyak cara untuk menggunakan pemasaran media sosial berbayar untuk mempromosikan bisnis Anda, dan setiap platform memiliki paket pilihan promosi berbayar sendiri.

Ambil Facebook.

Anda dapat membayar untuk mempromosikan posting organik yang ada atau membuat iklan Facebook khusus yang dirancang untuk tujuan pemasaran Anda.

Pemasaran media sosial paling berbayar juga disebut sebagai “bayar per klik” (yang akan kita bahas lebih rinci di bawah).

Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat, Cara Membuat Rencana Pemasaran Media Sosial Pembunuh .

  1. Optimasi Mesin Pencari (SEO)
    Optimisasi mesin pencari – juga dikenal sebagai SEO – adalah proses mengoptimalkan situs web dan konten digital untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, yang pada gilirannya, memaksimalkan jumlah pengunjung ke halaman web tertentu.

Dengan kata lain, katakan Anda ingin situs web perabot kantor Anda muncul di bagian atas hasil pencarian Google setiap kali seseorang mencari “perabot kantor di London.” Nah, proses yang akan Anda gunakan untuk mewujudkannya adalah SEO .

Perlu dicatat bahwa hari ini ketika kita berbicara tentang SEO, kita hampir secara eksklusif merujuk ke Google (kecuali jika Anda tinggal di China dan menggunakan mesin pencari Baidu ).

Mengapa?

Karena Google tidak diragukan lagi mesin pencari paling populer di dunia – memakan 79,77% pangsa pasar.

Jadi bagaimana cara kerja SEO?

Mesin pencari menggunakan sesuatu yang disebut “bot perayap” untuk menjelajah internet dan membuat indeks konten yang tersedia secara online.

Kemudian, setiap kali seseorang mencari kata kunci, mesin pencari akan mencoba memberikan hasil yang paling berguna dan relevan.

Sekarang ada dua sisi untuk SEO: On-page dan off-page.

Apa itu On-Page SEO?
SEO On-halaman adalah ketika Anda mengoptimalkan situs web atau konten Anda untuk peringkat lebih tinggi di mesin pencari untuk kata kunci atau frasa yang ditargetkan.

Contoh-contoh SEO pada halaman meliputi:

Meningkatkan kecepatan situs web Anda
Memiliki desain web yang responsif dan dioptimalkan untuk seluler
Termasuk kata kunci yang Anda targetkan
Menyusun konten dengan tag judul
Mengoptimalkan cuplikan fitur Google
Menggunakan markup data terstruktur
Termasuk tautan internal ke halaman lain di situs web Anda
Menambahkan tautan keluar ke situs web lain yang relevan
Karena alasan ini, SEO sangat terkait dengan pemasaran konten – kami akan menjelajahinya lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu SEO Off-Page?
SEO di luar halaman adalah saat Anda mengoptimalkan situs web atau konten Anda agar muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian melalui metode di luar situs web atau konten Anda.

Ini termasuk sinyal eksternal seperti kehadiran media sosial Anda dan penyebutan merek .

Namun, bagian terbesar dan paling berpengaruh dari SEO di luar halaman adalah pembuatan backlink. Ini adalah saat situs web lain menautkan ke situs web atau konten Anda.

Alasan di balik backlink sederhana.

Jika banyak situs web menautkan ke situs web Anda , maka Google akan menganggap Anda memiliki konten yang berharga dan relevan.

Mesin pencari juga memperhitungkan otoritas situs web yang menautkannya kepada Anda. Misalnya, satu tautan dari situs web resmi seperti New York Times akan lebih efektif daripada 100 tautan dari situs web yang tidak dikenal.

Cara yang bagus untuk menghasilkan backlink dari situs web resmi adalah menghasilkan konten berkualitas tinggi yang ingin dibagikan orang lain.

Atau, Anda dapat membuat konten khusus untuk situs web lain – ini disebut “posting tamu.”

  1. Pemasaran Konten
    Pemasaran konten adalah proses menciptakan, mendistribusikan, dan mempromosikan materi online yang relevan secara konsisten dengan cara yang dirancang secara strategis untuk menarik, melibatkan, dan mengubah target pasar Anda menjadi pelanggan.

Ada banyak bentuk konten yang digunakan bisnis untuk melakukan ini, seperti:

Posting blog
Video (yang sering dibagikan ke platform media sosial seperti Facebook dan YouTube)
Laporan dan studi industri
Infografis merangkum laporan dan studi
Ebooks
Podcast
Studi kasus
Email
Webinar
Artikel yang Anda baca ini adalah pemasaran konten!

Pemasaran konten bekerja erat dengan banyak jenis pemasaran internet lainnya – terutama pemasaran media sosial dan SEO.

Seperti yang kita lihat di atas, media sosial adalah salah satu saluran utama yang digunakan untuk mendistribusikan dan mempromosikan konten.

Sekarang, mari kita lihat lebih dekat bagaimana pemasaran konten berhubungan dengan SEO.

Konten yang dioptimalkan mesin pencari adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan merek Anda lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Misalnya, saya baru-baru ini menulis posting blog berjudul, Dimensi Cerita Instagram dan Ide Pembunuh untuk Meningkatkan Game Anda , dan saya menggunakan praktik terbaik SEO untuk mengoptimalkannya untuk kata kunci, “dimensi cerita Instagram.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *